Kamis, 31 Maret 2016

DREAM BOOK DAN KEWIRAUSAHAAN


INKA INDRI 361593301101
D4 MANAJEMEN BISNIS PARIWISATA :
CALON ORANG SUKSES



Biodata 



Nama lengkap                : INKA INDRIYAN I.
Biasa dipanggil              : INKA
Tempat, tanggal lahir     : BANYUWANGI, 05 MEI 1996
Alamat                           : Rt 04 Rw 03, Dsn.sidorjo wetan, Ds. Yosomulyo
                                         Kec. Gambiran Kab. Banyuwangi.

Keluarga                        : Anak kedua dari 2 bersaudara
Nama Ayah                    : SUGITO
Nama Ibu                       : KATINAH
Nama Kakak                  : HAPPY PRIANA
Pendidikan                     :
  • SDN 5 YOSOMULYO Lulus Tahun 2009
  • SMPN 2 GAMBIRAN Lulus Tahun 2012
  • SMAN 1 GAMBIRAN Lulus Tahun 2015
  • D4 MANAJEMEN BISNIS PARIWISATA POLIWANGI

Hobi                               : Menyanyi, menari, bola voly, membaca
Makanan/Minuman       : Mie goreng, nasi goreng/ jus alpukat



IDOLA


Ketika dilahirkan di Blitar pada tanggal 6 juni 1901, Soekarno diberikan nama Koesno Sosrodihardjo oleh orangtuanya. Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna. Nama "Karna" menjadi "Karno" karena dalam bahasa Jawa huruf "a" berubah menjadi "o" sedangkan awalan "su" memiliki arti "baik".

Di kemudian hari ketika menjadi Presiden R.I., ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda). Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah. Sebutan akrab untuk Soekarno adalah Bung Karno.

Soekarno dilahirkan dengan seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya yaitu Ida Ayu Nyoman Rai. Keduanya bertemu ketika Raden Soekemi yang merupakan seorang guru ditempatkan di Sekolah Dasar Pribumi di Singaraja, Bali. Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan dari Bali dan beragama Hindu sedangkan Raden Soekemi sendiri beragama Islam. Mereka telah memiliki seorang putri yang bernama Sukarmini sebelum Soekarno lahir. Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur.


Ia bersekolah pertama kali di Tulung Agung hingga akhirnya ia pindah ke Mojokerto, mengikuti orangtuanya yang ditugaskan di kota tersebut. Di Mojokerto, ayahnya memasukan Soekarno ke Eerste Inlandse School, sekolah tempat ia bekerja. Kemudian pada Juni 1911 Soekarno dipindahkan ke Europeesche Lagere School (ELS) untuk memudahkannya diterima di Hoogere Burger School (HBS). Pada tahun 1915, Soekarno telah menyelesaikan pendidikannya di ELS dan berhasil melanjutkan ke HBS. di Surabaya, Jawa Timur. Ia dapat diterima di HBS atas bantuan seorang kawan bapaknya yang bernama H.O.S. Tjokroaminoto. Tjokroaminoto bahkan memberi tempat tinggal bagi Soekarno di pondokan kediamannya. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu, seperti Alimin, Musso, Dharsono, Haji Agus Salim, dan Abdul Muis. Soekarno kemudian aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang dibentuk sebagai organisasi dari Budi Utomo. Nama organisasi tersebut kemudian ia ganti menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) pada 1918. Selain itu, Soekarno juga aktif menulis di harian "Oetoesan Hindia" yang dipimpin oleh Tjokroaminoto.


Prestasi yang pernah saya dapatkan, yaitu:

SD     :
·        Kelas 1-3 peingkat 2
·        Kelas 4-6 peringkat 4
·        Juara 3 paduan suara di Banyuwangi
·        Juara 5 menyanyi solo
SMP  :
·        Kelas 1 peringkat pertama
SMA :
·        Juara 1 bola voly di Banyuwangi tingkat pelajar
·        Kelas 2 peringkat 4
·        Juara 2 bola voly di Unej 
 


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

KELEBIHAN       :
1.     TIDAK PILIH TEMAN
2.     SELALU TERSENYUM
3.     SERING MEMBUAT ORANG SEKITAR TERTAWA
4.     SUPEL
5.     KREATIF
6.     MUDAH BERTEMAN
7.     SUKA MELAKUKAN HAL YANG BARU

KEKURANGAN :
1.     TEMPRAMENTAL
2.     KERAS KEPALA
3.     EGOIS
4.     KEKANAK KANAKAN
5.     TIDAK DISIPLIN
6.     CEROBOH
7.     KERAS KEPALA

PETA IMPIAN, Penjelasan mengenai peta impian dan langkah untuk mencapainya, yaitu al :
1.     BELAJAR , SEKOLAH, MENUNTUT ILMU, MENAMBAH WAWASAN
2.     BERKERJA
3.     PUNYA TABUNGAn
4.     BUKA USAHA 



PETA IMPIAN





 
         













Lulus kuliah dengan IPK tinggi  -  Menjadi manager sebuah perusahaan dan juga membuka sebuah usaha sendiri dengan cabang dimana-mana  -  Membahagiakan kedua orang tua dan saudara dengan mempunyai sebuah mobil dan rumah mewah dengan hasil jerih payah sendiri - Membina rumah tangga dengan orang yang dicintai dan direstui kedua orang tua dan mempunyai keluar kecil yang bahagia.

Bermimpi mungkin hal yang tabu bagi setiap manusia dan mungkin juga mereka pasti pernah meneriakkan "Berhentilah bermimpi hingga setinggi langit" tapi bermimpi menurut saya adalah hal yang penting, dan mimpi juga bisa membuat penyemangat yang lebih dalam hidup.
Menurut saya langkah-langkah untuk mencapai impian itu ada 4, yaitu:
  1. Langkah pertama yang saya lakukan untuk mencapai impian saya adalah sekolah dengan sungguh dan menambah wawasan ilmu baik dari tempat mencari ilmu ataupun dari lingkungan sekitar.
  2. Setelah saya memiliki ilmu yang luas saya akan melamar pekerjaan dan memanfaatkan peluang.
  3. Lalu gaji yang saya dapatkan akan saya tabung hingga uang tabungan Saya cukup untuk membuka suatu usaha yang akan saya dirikan sendiri melalui wawasan dan pengalaman yang sudah saya miliki.
  4. Langkah yang terakhir adalah Saya membuat gambaran dari langkah 1,2,3 saling berhubungan secara melingkar, Karena saya yakin suatu saat nanti saya akan sekolah atau menuntut ilmu lagi untuk mendapat Promosi jabatan dan menabung untuk membuka tempat usaha yang lebih besar dan lebih banyak mempunyai tempat usaha yang lebih dari sebelumnya.
Orang Bermimpi  itu pasti mempunyai Cerminan orang yang bisa membuat sebuah mimpi menjadi penyemangat yang lebih lagi, adapun Cerminan Orang-orang Sukses dalam Bekerja dan Sukses menjadi Wirausaha menurut Saya, yaitu 

PROFIL ORANG SUKSES KARENA BEKERJA

  1. Bill Gates Bill_GatesWilliam Henry Gates III alias Bill Gates adalah orang terkaya dunia selama 13 tahun berturut-turut sejak 1995 sampai 2007. Dia adalah ketua umum perusahaan perangkat lunak Amerika Serikat, Microsoft Corp. Pada dasarnya, si Bill Gates ini memang anak yang cerdas. Gates belajar di Lakeside School, sekolah elit yang paling unggul di Seattle, dan meneruskan berkuliah di Universitas Harvard. Lalu kenapa orang meledek dia bodoh? Karena Bill Gates gagal menyelesaikan kuliahnya di Harvard dan harus di DO alias Drop-Out. Saya ulangi.. di DROP-OUT! Tidak usah jauh-jauh lah, bayangkan saja apa kata orang tua dan orang-orang di sekitar anda bila anda harus kena DO dari kampus. Pasti banyak bunyi sumbang seperti: ‘Ah dasar memang dianya malas’, ‘Ah dasar memang dia bodoh’, ‘Ah, dasar memang dia ndak bakat jadi orang sukses’ dan lain-lain. Itu karena kebanyakan orang berkuliah bukan untuk mendapat ilmu, tapi untuk dapat titel. Bill Gates, harus mengorbankan kuliah dan kesempatannya mendapat titel untuk fokus kepada penulisan Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan yang utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, yang akhirnya menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft. Sekarang, jumlah kekayaan Bill Gates diperkirakan sebesar 18 trilliun dollar, yang belum juga bisa dibandingkan dengan pendapatan 20 orang pejabat korup terhormat dengan titel-titelnya yang sepanjang 10 senti.. Makan tuh titel.
  2. Mark Zuckerberg mark_zuckerberg, nama panjang orang ini memang bisa membuat lidah keseleo, jadi anda pasti setuju kalau saya cukup memanggilnya Mark saja. Nah, siapa si Mark ini? Anda pasti sudah akrab kan dengan situs jejaring sosial bernama Facebook tempat dimana anda berhubungan dengan kolega, atau tempat anda berusaha mencari jodoh, atau sekedar untuk memajang foto anda dengan narsisnya. Nah, Facebook adalah mesin pencetak uang bagi si Mark. Mark adalah pembuat situs Facebook dan sekarang masih menjabat sebagai CEO jejaring sosial tersebut. Mungkin anda pernah bertanya: “Kok Facebook didominasi warna biru mulu ya?” Itu karena si Mark ini ternyata buta warna hijau dan merah, dan warna terbaik yang bisa dia lihat hanya warna biru.Lalu kenapa dia pernah dibilang bodoh? Karena si Mark nekat mengikuti jejak seniornya Bill Gates, yaitu di DO alias Drop-Out dari Harvard University. Tapi di DOnya dia bukan karena keasyikan dengan organisasi kampus atau sibuk ‘boya’ cewek-cewek junior, tapi sibuk mengembangkan situs jejaring sosial ini. Di saat teman-teman kampusnya masih sibuk dengan pertanyaan ‘Saya diterima kerja apa tidak ya?’, si Mark sudah menjadi milyarder termuda dalam sejarah, dan itu karena usahanya sendiri dan bukan karena warisan nenek moyang.
  3. Thomas Alfa Edison thomas-alfa-edison, kisah hidup Thomas Alfa Edison memang sangat mengharukan. Waktu kecil saya pernah meminjam buku otobiografi Thomas di sebuah perpustakaan umum, dan buku itu selalu berhasil membuat saya menangis. Karena selain kisahnya yang memang mengharukan, bukunya juga terlalu tebal hingga saya terkadang menangis karena kelelahan membaca..bleh. Siapa yang menyangka kalau sang penemu lampu adalah seorang yang agak tuli dan hanya mengenyam pendidikan formal selama 3 bulan? Ketika berumur 4 tahun, Thomas Alfa Edison pulang ke rumah dengan membawa secarik kertas dari gurunya. Ibunya kemudian membaca kertas tersebut: “Tommy, anak Ibu, sangat bodoh. Kami minta Ibu mengeluarkannya dari sekolah,” Tapi apa yang terjadi? Dengan bimbingan Ibunya, Thomas Alfa Edison dengan leluasa dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Di usianya yang relatif muda, Thomas sudah berhasil mengukuhkan temuan-temuannya. Hingga akhir hayatnya, Thomas tercatat memegang rekor 1.093 temuan paten atas namanya. Penghasilannya dari temuan-temuan tersebut pun lebih dari cukup untuk mendirikan perusahanya sendiri. Pada tahun 1928 dia menerima penghargaan berupa sebuah medali khusus dari Kongres Amerika Serikat atas semua temuan-temuan yang telah dia patenkan. Lalu nasib si guru yang dulu mengatai Thomas bodoh lewat suratnya? Boro-boro dapat penghargaan, namanya pun tidak pernah terdengar.

PROFIL ORANG SUKSES KARENA MENJADI WIRAUSAHA

  1. Bob Sadino Memiliki nama lengkap Bambang Mustari Sadino, lebih dikenal dengan panggilan bob sadino. Beliau lahir di Lampung, pada tanggal 9 Maret 1933. Beliau merupakan seorang pengusaha yang sukses asal Indonesia yang memiliki bisnis pada bidang pangan dan juga peternakan. Ia merupakan pemilik dari jaringan usaha yaitu Kemchick dan Kemfood. Beliau merupakan salah satu pengusaha yang nyentrik, dan memiliki sebuah ciri khas dalam berpakaian yaitu ia sangat sering terlihat memakai sebuah kemeja lengan pendek dan digabungkan dengan celana pendek dalam setiap kegiatan beliau, baik saat dirumah maupun saat ditemui diluar rumah.
  2. Hamzah Izzul Haq Hamzah Izzul Haq mulai melakukan bisnis saat masih duduk di bangku sekolah. Usaha yang digerakkan mulai dari berjualan makanan, berjualan pulsa, berjualan buku serta bisnis-bisnis lain yang ada untungnya dan ada yang bikin rugi.Pada suatu waktu Hamzah ikuti seminar wirausaha pertamanya. Dari situlah dia ditawariahun, serta usaha tuntunan belajarnya telah mempunyai sebagian cabang dan saat ini dia telah beli mobil. Serta ditambah lagi usahanya makin melebar dengan menggerakkan usaha produksi bantal serta guling. Dari cerita itu, seseorang mesti coba usaha-usaha yang gampang ataumungkin taraf kecil terlebih dulu. Karena dari usaha yang kecil itu, pengalaman bakal jadi guru paling baik. So saat ini awalilah melakukan bisnis dari yang dapat kerjakan, coba pada saat anda tetap muda, dan coba pada saat anda belum jadi tua.
  3. I Putu Ngurah Sudarma : Akibat Ditolak Kapal Pesiar Satu diantara pelaku bisnis spa yang berhasil di Bali yaitu I Putu Ngurah Sudarma. Sang Spa kepunyaannya, yang berdiri di Ubud, dapat memperoleh omset sampai Rp 2, 6 miliar per th.. Namun keberhasilan tidak datang seperti durian roboh pada pria 33 th. itu.Ekonomi yang pas-pasan bikin Sudarma mesti bekerja serabutan waktu tetap kuliah di Bandung. Selesai kuliah, dia merantau ke Singapura serta bekerja untuk pelayan di suatu kasino di kapal. Dia cuma bertahan sepanjang 2 th. Lulusan sekolah pariwisata ini juga pulang ke Indonesia serta mengincar pekerjaan di kapal pesiar. Namun enam kali dia melamar, enam kali juga dia tidak berhasil. Pada akhirnya orang tuanya berani meminjamkan Rp 40 juta agar lebih gampang di terima bekerja di kapal pesiar.Sembari menanti berita, Sudarma menikah dengan seseorang pekerja di spa. Dia juga turut bekerja di spa serta mengusulkan pengembangan usaha di tempatnya bekerja. Namun usulannya tidak diterima mentah-mentah. Jengkel, dia serta istrinya juga keluar serta nekat membangun usaha spa sendiri.Walau dimuka pernah dijuluki spa ‘kandang kuda’ lantaran tempatnya yang kecil, lambat laut usaha Sudarma berkembang baik. Dengan modal awal Rp 60 juta, saat ini Sang Spa dapat memperoleh beberapa ratus juta per bln. serta mempunyai tiga outlet di Ubud, yang kemampuannya enam kali semakin besar dari yang semula.

PERBANDINGAN KARAKTER ANTARA ORANG-ORANG SUKSES

  1. Bill Gates Berpikir Positif Kaya akan ide Cerdas
  2. Mark Zuckerberg Pantang menyerah terus berusaha,Cerdas dan Tahan Banting
  3. Thomas Alfa Edison Kreatif, Tekun, dan Berpikir Positif
  4. Bob Sadino Memiliki kemauan yang keras Bertekad kuat Berani mengambil risiko
  5. Hamzah Izzul Haq Pantang menyerah dan Terus berusaha Bertekad kuat Berani mengambil risiko
  6. I Putu Ngurah Sudarma Pantang menyerah danTerus berusaha Bertekad kuat Berani mengambil risiko

KARAKTER YANG DIMILIKI OLEH ORANG-ORANG TERSEBUT YANG INGIN SAYA MILIKI

  1. Berpikir Positif 
  2. Kaya akan ide
  3. Cerdas
  4. Pantang menyerah dan terus berusaha
  5. Tahan Banting
  6. Kreatif
  7. Tekun
  8. Berpikir positif 
  9. Bertekad kuat
  10. Berani mengambil risiko 

KARAKTER WIRAUSAHA YANG INGIN DI MILIKI

  1. Memiliki kemauan yang keras.
  2. Bertekad kuat.
  3. Berani mengambil risiko
  4. Tahan banting dan tidak cengeng
  5. Ikhlas dan selalu bersyukur. 
Inilah sepenggalan Dream Book yang Saya kira bisa membuat semua orang mengerti Bermimpi itu tidak hanya ada dalam "Bunga Tidur" saja, tetapi Bermimpi adalah wujud dari penyemangat diri kita sendiri agar kita bisa menjadi orang yang Sukses dalam bidang kita masing-masing.
Ingat !!! Janganlah diam memandangi mimpimu, karena mimpi bukan untuk dipandangi tapi ditelusuri jalan mengwujudkan mimpi itu, meski jalan itu berliku.

"Yang muda, yang bermimpi, dan berani mengwujudkannya" Salam muda Indonesia. . .


2 komentar:

  1. bermamfaat dan terima kasih sudah berbagi. bagus. semoga mbak menjdi orang sukses 2019

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi dan bermanfaat. Semoga sukses mbak

    BalasHapus